29 Tahun Jalan Poros Bimorjaya Rusak Parah, Bupati Morut Diminta Lakukan Perbaikan

    29 Tahun Jalan Poros Bimorjaya Rusak Parah, Bupati Morut Diminta Lakukan Perbaikan
    Tampak jalan poros Bimorjaya Mirip Kubangan Kerbau

    MORUT, Indonesiasatu.com - Sungguh sangat memprihatikan, jalan poros Desa Bimorjaya, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Propinsi Sulawesi Tengah, kondisinya rusak parah.

    Padahal jalan ini merupakan akses jalan poros penghubung Desa Bimorjaya - Mohoni, yang digunakan warga dalam beraktivitas sehari-hari maupun untuk urusan kepentingan lain keluar desa tersebut.

    Latte espresso steamed milk
    market.biz.id Latte espresso steamed milk
    20% Rp 4.000
    Beli sekarang!

    Yang lebih memprihatinkan lagi, Kondisi jalan rusak ini sudah 29 tahun dibiarkan, sejak warga eks Transmigrasi tahun 1993 ke Desa Bimorjaya.

    Desa Bimorjaya berpenduduk 220 KK dengan jumlah jiwa 900 jiwa, dimana aktivitas sehari-hari warga pada umumnya bercocok tanam perkebunan kelapa sawit.

    Rusaknya akses jalan poros yang menghubungkan Desa Bimorjaya ke Desa Mohoni, sering membuat pengendara ataupun warga pengguna jalan mengalami kecelakaan akibat banyaknya jalan berlubang.  "Akibat jalan yang rusak parah itu,  mengakibatkan sering terjadi kecelakaan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, " ungkap Jernias salah satu tokoh masyarakat.  Senada penyampaian Ketua Dewan adat Bimorjaya, Nehemia Tangpali mengatakan bahwa dampak rusaknya akses jalan poros tersebut, pada waktu  tahun 2016. Saat itu marak kendaraan pengolah kayu, dengan muatan berat menyebabkan struktur jalan berangsur - angsur rusak seperti kondisi saat ini.

    WARTAJUSTISIA.COM
    market.biz.id WARTAJUSTISIA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Itu yang memperparah kondisi jalan tersebut, akibatnya kami warga yang merasakan dampaknya, " tutur Nehemia  Tangpali, Ketua Dewan adat Bimorjaya, kepada wartawan media ini, Rabu (22/06/2022).

    Lanjutnya, sebagai masyarakat Desa Bimorjaya sangat menyesalkan hal ini. Sejak ditempatkan Pemerintah sebagai Desa Transmigrasi tahun 1993 sampai saat ini jalan poros ini belum pernah tersentuh bantuan perbaikan jalan dari pihak manapun.

    "Dari tahun 1993, sejak awal transmigrasi Desa Bimorjaya belum pernah ada itu perbaikan dari pihak manapun. Jadi, Sudah 29 tahun ini hingga sekarang 2022 begitu terus kondisinya, " tandas Nehemia.

    Halnya tersebut dibenarkan I Putu Panji Rama Nugraha, mantan Kades Bimorjaya, yang juga merupakan salah satu tokoh masyarakat membenarkan apa yang menjadi keluhan masyarakat Desa Bimorjaya.

    Vixion 2017 Full Modif Keren
    market.biz.id Vixion 2017 Full Modif Keren
    4% Rp 25.000.000
    Beli sekarang!

    "Benar itu, Akses jalan poros rusak parah itu, sudah puluhan tahun belum pernah tersentuh bantuan dari pihak manapun, " tuturnya dengan nada penuh kesal.

    Dikatakannya, pada setiap pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati maupun Legislatif jalan ini sering dilalui. Sehingga, muncul pertanyaan apakah karena dukungan masyarakat salah satu calon kepala daerah kurang signifikan  ( maksimal), termasuk anggota DPRD sehingga akses jalan desa Bimor Jaya tidak disentuh bantuan...?   Seharusnya Pemda Morut lebih peka terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat secara khusus Dinas terkait yang membidangi sarana prasarana jalan antar desa sehingga aktivitas masyarakat berjalan lancar. Menurutnya, jalan adalah salah satu urat nadi yang sangat menentukan majunya pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan. Hambatan masyarakat saat ini, kendaraan yang mengangkut buah sawit ke pabrik sering terhambat dan tertahan berjam - jam, untuk bisa lolos buah sawit tersebut harus di turunkan sebagian sehingga mobil bisa lolos,  

    Jika kondisi jalan normal waktu jarak tempuh 9 km dari Desa Bimorjaya ke Desa Mohoni hanya 15 menit, tapi karena kondisi jalan rusak waktu tempuh menjadi 30 menit. Saat ini untuk memasarkan hasil panen sawit ke pabrik, kendaraan pengangkut buah sering mengalami hambatan/ kesulitan melewati jalan tersebut, karena  jalan berlubang murip kubangan kerbau, membuat mobil kerap tertanam sampai berjam - jam.

    Atas hal itu, Dia menilai visi misi Bupati Morut, Sehat Cerdas Sejatera ( SCS) masih jauh dari harapan masyarakat. Sebab, sejak masa kepemimpinannya sebagai kepala Desa Bimorjaya (2017 - 2022) belum pernah mendapat sentuhan / bantuan dari Pemkab Morut.

    HUMAS.CO.ID
    market.biz.id HUMAS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Olehnya, atas nama masyarakat Desa Bimorjaya meminta kepada Bupati Morut, Delis J. Hehi memperhatikan apa yang menjadi keluhan masyarakat.

    "Kami berharap Pak Bupati Morut segera menindaklanjuti kondisi jalan tersebut, jangan sampai ada korban lagi yang lebih banyak akibat jalan rusak itu, " pinta I Putu Panji Rama, sembari berharap agar Bupati Delis segera mungkin memerintahkan OPD terkait.

    Terkait hal tersebut, Dinas PU Morut belum berhasil dikonfirmasi sampai berita ini dipublis. Nantikan berita selanjutnya...

    ( Apri Kelo)

    MORUT Sulawesi tengah
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    Jelang Hut Bhayangkara Ke-76, Polres Morut...

    Artikel Berikutnya

    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 471

    Postingan Tahun ini: 1760

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 446

    Postingan Tahun ini: 2338

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 169

    Postingan Tahun ini: 619

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 143

    Postingan Tahun ini: 507

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Afrizal verified

    Meski Malam Hari, Petugas Lapas Pasir Putih Nusakambangan Kontrol pengairan
    Melalui Silaturahmi Tenis, Kemenkumham Jateng - Unimus Perkuat Kerja Sama
    Deklarasikan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kemenkumham Jateng Komitmen Beri Pelayanan Terbaik
    Lagi, Layanan Publik Kemenkumham Diapresiasi Menpan RB

    Rekomendasi

    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Morut Gelar Lomba Dero Kreasi Diikuti Ratusan Peserta
    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Kenangan Terindah Peserta AKS TNI AD 2022

    Ikuti Kami