Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Pemda Morowali Bentuk Tim Satgas

    Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Pemda Morowali Bentuk Tim Satgas
    Tampak Bupati Morowali bersama Dandim 1311/Morowali serta Kadistanak dalam rapat tersebut

    MOROWALI, Sulawesi Tengah - Pemda Morowali membentuk Tim Satgas pencegahan penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hewan ternak yang lagi mewabah saat di daerah lain. Bertempat di Aula kantor Bupati Morowali, Rabu (25/05/2022).

    Pembentukan Tim Satgas ini digagas oleh Dinas Pertanian Peternakan (DISTANAK) Kabupaten Morowali melibatkan OPD Tehnis lainnya. Dimana Tim Satgas ini nantinya akan bekerja melakukan pencegahan agar virus PMK tak mewabah terhadap hewan ternak milik masyarakat Kabupaten Morowali.

    "Walaupun saat ini di daerah kita (Morowali) belum ada yang terkontaminasi tetapi perlu kita lakukan antisipasi dini sebagai upaya pencegahan agar tak mewabah terhadap hewan ternak masyarakat Morowali, " terang Andi Irman, Kadis Pertanian Pertenakan dalam rapat pertemuan tersebut.

    Dikatakan Andi Irman, penyebaran virus ini sangat cepat, sesuai informasi yang didapatnya untuk PMK yang ada pada hari ini sudah menyebar di Sumatra, sudah ada yang terinfeksi di daerah tersebut. 

    Nasi Goreng Spesial
    market.biz.id Nasi Goreng Spesial
    44% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Itulah sehingga tujuan pertemuan pembentukan Tim Satgas dilakukan untuk meminta arahan dari bupati tentang langkah-langkah yang akan di ambil mengantisipasi agak tak merebak di kabupaten Morowali.

    "Kami meminta arahan dari pak Bupati langkah-langkah yang akan kita ambil untuk bisa meredam penyebaran virus ini jangan sampai ada di Morowali, " terang Andi Irman.

    JURNALIS.TV
    market.biz.id JURNALIS.TV
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Bupati Morowali Drs. Taslim dalam arahannya mengatakan bahwa persoalan yang sedang dibahas bukan masalah penyakit yang timbul pada kuku maupun mulut hewan ternak tetapi dampak ekonomi yang ditimbulkannya itu yang diantisipasi oleh pemerintah.

    "Jadi, pertemuan kita ini lebih kepada permasalahan dampak ekonomi yang ditimbulkan terhadap masyarakat kita pemilik peternak, " pungkas Kader partai Nasdem itu panjang lebar memberikan penjelasan.

    Adapun beberapa point arahan dari Bupati Morowali dalam rapat Satgas PMK yang dirangkum oleh wartawan media ini yakni:

    1. Melakukan pengawasan di pos pos perbatasan. selain itu memberi vitamin kepada hewan ternak sebagai antisipasi dini.

    2. Tim yang dibentuk nantinya bekerja secara terpadu dan bersinergi sehingga bisa mengantisipasi penyebaran wabah PMK yang lagi mewabah dibeberapa daerah saat ini 

    3. Satgas harus punyai Konsistensi yang  tinggi, ketika ada masalah ditemukan di lapangan jangan ada tawar menawar. Segera dilakukan tindakan sesuai arahan dari tim tehnik lainnya.

    4. Mendekati Idul Adha Kurban, akan banyak hewan ternak masuk. Olehnya DISTANAK Morowali bersama Tim Satgas sudah melakukan antisipasi, tidak boleh lengah termasuk daerah-daerah di Pulau jangan sampai hewan-hewan yang dibawa ke pulau, hewan yang tidak higenis.

    Dalam Rapat tersebut juga dihadiri langsung Dandim 1311/Morowali Letkol Inf. Constantinus Rusmanto, S.Sos, M.Sc, mengatakan agar Tim Satgas yang dibentuk segera memberikan pemahaman kepada kelompok ternak maupun pemilik ternak agar masyarakat tidak fanik menanggapi soal virus PMK yang lagi mewabah. Dikawatirkan jangan sampai ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang manfaat kan kondisi ini, yang membuat masyarakat menjual ternaknya dengan harga murah.

    Dirinya selaku Dandim 1311/Morowali dengan tegas menyampaikan bahwa TNI dalam hal ini jajaran Kodim 1311/Morowali siap dilibitkan untuk membantu pelaksanaan dilapangan maupun mendampingi untuk melakukan penyuluhan ke masyarakat tmasuk penanggulangannya langsung ke kelompok ternak maupun pemilik ternak.

    "Kami dari Kodim 1311/Morowali siap dilibitkan dalam penanggulangan wabah PMK ini, selanjutnya kami menunggu tehnis pelaksanaan dari OPD terkait, " terang perwira TNI dua bunga dipundaknya itu.

    Dalam rapat pertemuan tersebut, selain dihadiri Bupati Morowali, Drs.Taslim, Dandim 1331 Morowali Letkol Inf Constatinus Rusmanto, M.Sc, Kadistanak Andi Irman, juga turut dihadiri Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Husban Laonu, Kadis Kesehatan Ashar, Kadis Perindag Zainal ada, dan sejumlah OPD terkait, serta para Dokter hewan di Morowali.

    (PATAR JS)

    MOROWALI Sulawesi Tengah-
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    Ultimatum Forbes Morowali ke PT Vale: Realisasikan...

    Artikel Berikutnya

    Bunda Mima Sah Menyandang Gelar Doktor,...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 471

    Postingan Tahun ini: 1760

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 446

    Postingan Tahun ini: 2338

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 169

    Postingan Tahun ini: 619

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 143

    Postingan Tahun ini: 507

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Afrizal verified

    Meski Malam Hari, Petugas Lapas Pasir Putih Nusakambangan Kontrol pengairan
    Melalui Silaturahmi Tenis, Kemenkumham Jateng - Unimus Perkuat Kerja Sama
    Deklarasikan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kemenkumham Jateng Komitmen Beri Pelayanan Terbaik
    Lagi, Layanan Publik Kemenkumham Diapresiasi Menpan RB

    Rekomendasi

    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Morut Gelar Lomba Dero Kreasi Diikuti Ratusan Peserta
    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Kenangan Terindah Peserta AKS TNI AD 2022

    Ikuti Kami