Panitia Sambori Tourism Festival Tidak Profesional, Warga Morowali Tuai Malu

    Panitia Sambori Tourism Festival Tidak Profesional, Warga Morowali Tuai Malu
    Salah satu peserta yang menitihkan air mata mengingat waktu latihan selama ini kurang lebih 2 bulan hanya sia-sia sesampai di Kab.Morowali

    MOROWALI, Sulawesi Tengah - Kinerja panitia Sambori Tourism Festival dituding tidak profesional mengurus tamu dari luar daerah yang akan tampil ambil bagian pada ivent tersebut. Akibatnya, seluruh Warga Morowali harus menanggung malu, karena hal tersebut telah menjadi perguncingan hangat di Sulawesi Tengah bahkan viral di berbagai media sosial.

    Kedatangan para tamu dari berbagi Kabupaten di Morowali ingin tampil di event tersebut sesuai harapan yang diberikan panitia, malah sebaliknya, perlakuan tidak mengenakan didapatkan peserta empat (4) daerah lain yakni Kabupaten Poso, Donggala, Tojo Una-Una, dan Kota Palu, diterlantarkan setibanya di Morowali.

    "Tak satupun panitia menampakkan batang hidungnya untuk bertanggung jawab sejak kedatangan para peserta tersebut di Morowali, sehingga segala sesuatu hingga menuju penyeberangan Sambori di Desa Tandaoleo, masing-masing peserta mengurus diri sendiri bahkan ada yang harus rela naik mobil pickup, kasian mereka, " tutur Malik salah satu warga Morowali kepada media ini di Bungku, Sabtu (27/11/2021).

    Hal tersebut katanya, membuat peserta mengurungkan niatnya untuk meneruskan perjalanan menuju pulau Sambori. Setelah menunggu berjam-jam kapal penyeberangan yang dijanjikan panitia, tak kunjung datang bahkan peserta sampai kelaparan menunggu.

    OTOSATU.COM
    market.biz.id OTOSATU.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Akhirnya, dengan hati yang galau berkecamuk, para peserta tinggalkan tempat penyeberangan Desa Tandaoleo balik menuju Bungku. Bahkan, saat itu perserta hendak terus balik ke daerah masing-masing.

    "Namun, mendengar saran-saran yang ada, peserta mengiyakan untuk sesaat bermalam dikota Bungku untuk kemudian menampilkan budaya daerah masing-masing kepada warga Morowali. Itulah sehingga kemarin, (26/11/2021) ada pertunjukan di depan kantor Bupati Morowali, sedikit mengobati rasa kecewa peserta, " terangnya.

    NEWSPAPER.CO.ID
    market.biz.id NEWSPAPER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Acara tersebut dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 26-28 November 2021. Namun sangat disayangkan, 4 Kabupaten di Sulawesi Tengah, yakni Poso, Donggala, Tojo Una-Una, dan Kota Palu terpaksa harus angkat kaki dan gagal mengikuti acara karena pelayanan panitia yang dianggap lalai mengurusi peserta.

    Seperti yang dialami Kabupaten Donggala, melalui Kepala bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata mengungkapkan kekesalannya. Ia mengatakan bahwa Dalam rundown acara, seharusnya peserta berangkat dari Kota Bungku, bukan melalui Bungku Pesisir, tepatnya di Desa Tandaoleo.

    OMBUDSMAN.CO.ID
    market.biz.id OMBUDSMAN.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dari Donggala, kata dia, rombongan menaiki sebuah bus dengan peserta sebanyak 25 orang, namun setibanya di Bungku, iapun harus menyewa mobil pick up karena supir bus besar khawatir jika melintasi pendakian di Desa Bete-Bete. Sesampainya di dermaga Desa Tandaoleo, ia dan rombongan merasa diterlantarkan karena berjam-jam menunggu jemputan kapal yang tak kunjung tiba dan dalam keadaan lapar.

    Karena kesal, ia pun memutuskan untuk kembali ke kota Bungku beristirahat.Dikatakannya, tak hanya 3 kabupaten dan 1 kota yang pesertanya pulang, termasuk peserta Kecamatan Bungku Barat juga ikut pulang karena tak adanya kepastian.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Beruntung peserta Donggala difasilitasi oleh salah seorang penggiat wisata yang dikenal dengan sapaan Ifan Bente, yang langsung berkoordinasi dengan protokoler Pemkab Morowali.Kontingen Kabupaten Donggala pun ditampung di Penginapan Anunta Kelurahan Lamberea, sementara Kabupaten Poso menginap di Losmen Amanah Desa Ipi.

    Untuk mengobati rasa kekecewaan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morowali, Amir Aminudin, Asisten I, Rizal Badudin, serta Kepala bidang Budaya Disdikbud Morowali, Nursia, dan pengurua Dewan Adat Bungku, Sultana Hadie berinisiatif melaksanakan pagelaran tari di halaman kantor Bupati Morowali, Jum'at (26/11/2021) mengisi peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia.

    Meskipun persiapannya terbilang sangat singkat, namun acara itu sukses dan mendapatkan antusias dari sekitar seribuan warga masyarakat Morowali yang menyaksikannya.

    Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Deyse Bungkundapu mengatakan bahwa pihaknya tidak menyalahkan panitia, namun sesuai kenyataan yang ada di lapangan, tidak ada panitia dan tidak ada kapal yang tersedia di tempat penyeberangan.

    "Yang bertanggung jawab di kegiatan festival sombori adalah Kadisporapar Morowali, ketua HIPMI Morowali selaku ketua panitia, EO Mandalika selaku event organizer, Yang menanggung malu adalah satu kabupaten Morowali....titik tidak pake embel-embel, " tegas Ifan salah satu pegiat wisata Morowali kepada media ini melalui pesan WhatsApp (WA) di group Morowali.

    JEJAKPOLITISI.COM
    market.biz.id JEJAKPOLITISI.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Panitia sambori tourism festival maupun Kadisporapar Morowali hingga saat ini belum berhasil dikonfirmasi, kendati wartawan media ini sudah berupaya.Nantikan hasil konfirmasi berikutnya…

    (Patar JS)

    Morowali Sulawesi tengah
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    Ivent Sambori Tourism Festival Meriah Diposternya...

    Artikel Berikutnya

    Gandeng IPB Tingkatkan Hasil Jagung Dan...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 471

    Postingan Tahun ini: 1760

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 446

    Postingan Tahun ini: 2338

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 169

    Postingan Tahun ini: 619

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 143

    Postingan Tahun ini: 507

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Afrizal verified

    Meski Malam Hari, Petugas Lapas Pasir Putih Nusakambangan Kontrol pengairan
    Melalui Silaturahmi Tenis, Kemenkumham Jateng - Unimus Perkuat Kerja Sama
    Deklarasikan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kemenkumham Jateng Komitmen Beri Pelayanan Terbaik
    Lagi, Layanan Publik Kemenkumham Diapresiasi Menpan RB

    Rekomendasi

    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Morut Gelar Lomba Dero Kreasi Diikuti Ratusan Peserta
    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Kenangan Terindah Peserta AKS TNI AD 2022

    Ikuti Kami